
Direktur Utama PTAM Giri Menang, H Sudirman.
Mataram (ntbterkini.id)– PT. Air Minum (AM) Giri Menang mengambil langkah progresif dengan meluncurkan Mobil Pelayanan Keliling. Ini merupakan wujud nyata komitmen perusahaan, untuk meningkatkan kualitas layanan dan mendekatkan diri dengan seluruh lapisan masyarakat yang menjadi pelanggannya.
Diwawancarai ntbterkini.id di ruang kerjanya, Jumat (10/10/2025), Direktur Utama (Dirut) PTAM Giri Menang, H. Sudirman, menjelaskan bahwa mobil ini bukan dibeli, melainkan hasil kerja sama strategis dengan pihak perbankan. Berkaitan dengan proses pengadaan mobil pelayanan ini, melibatkan pendekatan inovatif.
“Kami mengundang beberapa bank untuk menawarkan kerjasama terkait mobil pelayanan ini, apakah akan kami beli atau jalin kemitraan,” ujarnya.
​Setelah menerima berbagai penawaran, PTAM Giri Menang menyepakati mekanisme kerja sama yang saling menguntungkan. Dana perusahaan ada yang dalam bentuk giro, tabungan, dan deposito, ditempatkan melalui cash management di bank mitra.
Sebagai timbal balik, Sudirman mengajukan tawaran agar bank yang terpilih dapat menyediakan mobil operasional tersebut.
​”Akhirnya, pemenangnya adalah Bank BTN Syariah yang memberikan penawaran paling kompetitif. Jadi, mobil pelayanan ini murni hasil kerja sama dengan bank, bukan dibeli menggunakan dana perusahaan,” beber Dirut sambil tersenyum.
Tujuan utama diluncurkannya mobil pelayanan ini untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan PTAM Giri Menang yang meliputi pembayaran tagihan air, pemasangan sambungan baru, dan pemasangan kembali sambungan yang pernah ditutup.
Selain itu, lanjut Sudirman, mobil ini juga berfungsi sebagai pusat pelayanan aduan. Khususnya bagi masyarakat yang berada di daerah yang lokasinya sulit dijangkau, atau di luar kawasan perkotaan.
​”Masyarakat bisa mendapatkan berbagai kemudahan. Mulai dari pengecekan terkait kebocoran atau progress penanganannya di suatu daerah, hingga proses pendaftaran baru untuk pemasangan air,” terang Sudirman.
Ia berharap, kehadiran mobil pelayanan keliling ini membuat PTAM Giri Menang menjadi lebih dekat dengan masyarakat, tidak terbatas hanya pada pelanggan yang berpengetahuan atau mampu secara ekonomi.
​”Kami akan menyusun jadwal rutin agar mobil ini bisa stand by di beberapa lokasi, untuk mempermudah masyarakat melakukan pembayaran maupun mengakses layanan lainnya,” jelasnya.
Ditanya soal seperti apa tolak ukur efektivitas dan keberhasilan mobil pelayanan PTAM Giri Menang, Sudirman memberikan pandangan yang menarik.
​”Tidak semua efektivitas itu harus berujung pada profit. Bagi kami, kepuasan pelanggan adalah prioritas utama dan menjadi ukuran keberhasilan layanan ini. Mobil pelayanan ini akan menjadi jembatan baru antara PTAM Giri Menang dan para pelanggannya di Lombok Barat dan Kota Mataram,” tutupnya.(FIT/TIM)